Senin, 23 Juli 2012

Info Perkembangan Kota Depok (Pengangguran)

Jumlah Pengangguran di Depok Mengkhawatirkan

Jumlah pengangguran di Kota Depok tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011 jumlah penduduk Kota Depok saat ini sudah mencapai 1.736.565 jiwa terdiri dari 879.325 perempuan dan 857.240 laki-laki. Dengan jumlah angkatan kerja 779.963 orang dengan rincian 714.891 orang bekerja, sedangkan yang menganggur 65.072 orang.

"Fakta tersebut menjadikan masalah yang tidak dapat dianggap enteng, karena masalah pengangguran merupakan manifestasi dari belum efektifnya daya dukung ekonomi, dapat menimbulkan masalah sosial bila penanganannya kurang," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok Agus Gunanto, Senin (9/7/2012), saat membuka acara Job Fair di D'Mall Depok.

Agus menerangkan, Job Fair kali ini akan menghadirkan 50 perusahaan, seperti PT Mayora Indah Tbk, Alfamart, Indomaret, RS Hermina, Bank Danamon, Bank Batavia, SIMB Niaga, Garuda Food, Bussan Auto Finance, Auto 2000, PT Century Franchsindo Utama, Bernofarma, serta PT Kino Group, dan perusahaan lainnya.

Menurut Agus, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Disnakersos untuk menyediakan lowongan kerja bagi masyarakat terutama mereka yang sedang mencari pekerjaan atau fresh graduate.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan dibiayai oleh APBD Kota Depok. Pemerintah Kota Depok berharap agar waktu tiga hari tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pencari kerja," tuturnya.

Agus menegaskan, membeludaknya jumlah pengangguran, menjadi bahan rumusan kebijakan publik untuk mencari solusi, yaitu penyediaan kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan. Dimana,lanjutnya,laju pertumbuhan penduduk dan angkatan kerja cukup tinggi, sedangkan jumlah kesempatan kerja yang mampu disediakan terbatas. 

"Kesempatan emas ini harus dapat dimanfaatkan secara baik," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar